Laman

Sabtu, 23 Juni 2012

9 lankah belajar PHP bagi pemula

Belajar sesuatu yang baru dari awal dan tanpa bimbingan, seringkali membuat sebagian besar orang frustasi. Biasanya, masalahnya karena tidak tahu harus mulai dari mana dan hal-hal penting apa saja yang harus dipelajari. Bagi Anda yang ingin mempelajari PHP secara otodidak, mungkin tips berikut ini dapat menjadi acuan supaya dapat belajar lebih maksimal.
1. Abaikan Para Penentang
Tentunya ketika Anda ingin belajar bahasa pemograman PHP, Anda ingin tahu pendapat dari berbagai orang. Misalnya, apakah PHP merupakan bahasa yang tepat untuk dipelajari? Bagaimana dengan ASP.net? Bagaimana dengan JSP? Bagaimana masa depan PHP? dan sebagainya. Kabar buruknya, semakin banyak Anda membaca pendapat orang-orang, semakin Anda ragu untuk belajar bahasa pemograman yang Anda pilih. Hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah abaikan para penentang yang menghalangi tujuan Anda untuk belajar. Anda sudah tahu, faktanya PHP adalah bahasa pemograman yang sudah digunakan luas dan mempunyai dokumentasi yang baik di Internet.
2. Instal PHP lewat XAMPP
Agar dapat menjalankan PHP, Anda dapat menginstal program bernama XAMPP. XAMPP ini memudahkan Anda baik dalam instal PHP maupun database MySQL sehingga Anda tidak perlu buang-buang waktu. Anda dapat mendownload programnya di websitenya.
3. Memulai Coding
Untuk mulai belajar coding PHP, lakukanlah yang sederhana terlebih dahulu. Anda perlu mengerti konsep-konsep seperti cara menampilkan kata di PHP, membuat variable, fungsi hingga ke bentuk perulangan dan syntax-syntax lainnya.
4. Baca Buku-Buku PHP yang bagus
Jika Anda bingung memulai coding darimana, Anda perlu membaca buku-buku PHP yang bagus. Perbanyaklah referensi sehingga Anda memahami apa saja yang perlu dipelajari. Belajar dari buku, tentunya lebih lama daripada belajar dari orang atau mentor yang ahli jadi Anda perlu ketahanan dan energi yang luar biasa untuk mempertahan semangat belajar Anda.
5. Buatlah sesuatu yang sederhana
Meniru adalah hal yang baik dalam belajar, karena jika Anda dapat membuatnya berarti Anda cukup paham bagaimana harus melakukannya. Pada langkah ini dengan informasi yang Anda miliki dari membaca buku, Anda dapat mulai membuat sesuatu yang sederhana seperti kalkulator, buku tamu dan juga aplikasi CRUD (Create, Read, Update, Delete). Tujuan dari melakukan hal-hal tersebut supaya dapat mengetahui kemampuan dasar PHP Anda dan jika sudah meningkat dapat mencoba koneksi ke database.
6. Buatlah sesuatu yang lebih kompleks
Ketika Anda sudah mulai bisa membuat aplikasi sederhana, tingkatkan kemampuan Anda untuk membuat sesuatu yang lebih kompleks. Anda dapat membuat login atau user system misalnya sehingga Anda belajar juga tentang sessions, autentikasi, celah keamanan dan sebagainya.
7. Mulai belajar framework
Belajar PHP framework dapat membantu Anda lebih efisien dalam membuat aplikasi, sekaligus meningkatkan kecepatan Anda dalam menyelesaikan proyek besar maupun kecil. Untuk pemula, PHP framework yang sebaiknya Anda pelajari adalah CodeIgniter karena lebih mudah dipelajari, ringan, banyak digunakan dan dokumentasinya juga baik.
8. Buat hal yang lebih besar
Setelah Anda banyak belajar terutama bagi Anda yang sudah sampai PHP framework, Anda dapat membuat karya yang lebih besar misalnya membuat website. Tentunya, selain lebih sulit ini akan lebih menantang karena akan ada hasil karya yang akan Anda hasilkan.
9. Teruslah belajar dan up date terhadap informasi baru
Dunia pemograman adalah dunia yang berkembang terus menerus. Anda dituntut untuk mengikuti kecepatan kemajuan itu. Tidak semua mampu mengikutinya, namun jika Anda punya kemauan yang kuat maka Anda dapat belajar lebih banyak hal yang akan membantu meningkatkan kemampuan Anda dimasa depan. Selamat belajar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar