Laman

Sabtu, 23 Juni 2012

Tujuan penggunaan PHP

PHP adalah bahasa pemrograman script yang ampuh dan paling banyak dipakai saat ini, banyak digunakan untuk memprogram situs web, membuat situs web yang kita buat menjadi dinamis dan interaktif, dan tidak tertutup kemungkinan digunakan untuk pemakaian lain. PHP saat ini sudah digunakan secara luas dan gratis. PHP digunakan untuk pengembangan Web. Kode-kode PHP dapat di-embedded langsung ke dalam kode HTML. Sintaks yang ada dalam PHP sangat mirip dengan Perl dan C. PHP seringkali digunakan bersama dengan Apache (web server) dalam bermacam-macam sistem operasi. PHP juga mendukung ISAPI dan dapat digunakan dengan Microsoft IIS yang ada dalam sistem operasi Windows.

Bagaimana PHP bekerja

Ketika user membuka suatu halaman yang diakhiri dengan ekstensi .php, request akan dikirimkan ke web server, dimana langsung me-request ke interpreter PHP.
Seperti gambar diagram yang di atas, interpreter PHP akan memproses halaman web tersebut, berkomunikasi dengan sistem file, databases, dan email servers, dan mengirimkan halaman ke web server untuk dikirimkan kembali ke browser.

Contoh Aplikasi yang dibangun dengan menggunakan PHP

Contoh yang terkenal dari aplikasi PHP adalah phpBB dan MediaWiki (software di belakang Wikipedia). Contoh aplikasi lain yang lebih kompleks berupa CMS yang dibangun menggunakan PHP adalah Mambo, Joomla!http://id.wikipedia.org/wiki/Joomla%21, Postnuke, Xaraya, dan lain-lain.

Kelebihan PHP dibanding bahasa pemrograman lain

  • Bahasa pemrograman PHP adalah sebuah bahasa script yang tidak perlu melakukan sebuah kompilasi dalam penggunaanya.
  • Banyak Web Server yang mendukung PHP dengan konfigurasi yang relatif mudah seperti IIS, Apache, dan yang lainnya
  • Dalam sisi pengembangan lebih mudah, karena banyaknya milis – milis dan pengembang-pengembang lain yang siap membantu dalam pengembangan.
  • Dalam sisi pemahamanan, PHP adalah bahasa scripting yang paling mudah karena tersedia referensi yang cukup banyak.
  • PHP adalah bahasa open source yang dapat digunakan di berbagai mesin (linux,unix, windows) dan dapat dijalankan secara runtime melalui console serta juga dapat menjalankan perintah-perintah sistem.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar